Entrepreneurship

Usaha Sampingan untuk Mahasiswa yang Mudah dan Menguntungkan

Kebutuhan mahasiswa memang serba tak diduga. Kita tak bisa terus-menerus mengandalkan uang kiriman orangtua. Yang harus kita lakukan adalah berusaha sendiri, melakukan hal yang bisa menghasilkan uang. Kira-kira apa sih usaha sampingan yang mudah dilakukan oleh mahasiswa tapi hasilnya sangat menguntungkan untuk kehidupan sehari-hari? Berikut ulasannya.

Mahasiswa sebenarnya punya banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk menekuni usaha sampingan. Kamu bisa melakukan usaha tersebut di sela-sela jam kuliah yang tidak begitu padat. Tentunya kamu juga harus pandai dalam mengatur waktu antara usaha sampingan tersebut dan kewajibanmu sebagai mahasiswa.

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi usaha sampingan yang mudah, alias tidak memberatkan, yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk meraup keuntungan secara maksimal.

Blogger

Menjadi blogger mudah banget! Kalau kamu suka nulis, ini menjadi hal yang paling tepat untuk kamu lakukan. Awalnya memang berat untuk memulai menjadi blogger. Jika ingin memulainya, sebaiknya pilih domain yang unik, atau gampangnya ambil dari nama kamu sendiri, misalnya shaniindira.net. Setelah sudah punya domain keren dan blog, perbanyak konten dengan menulis hal-hal yang kamu suka. Kamu bisa nulis setelah jam kuliah atau menyelesaikan tugas. Tentunya konten harus menarik, agar traffic blogmu juga bagus.

Jika track record traffic sudah bagus, saatnya kamu komersilkan blog-mu. Dengan mengaktifkan Google Adsense atau menyediakan jasa review konten berbayar yang ada di blogmu. Lumayan lho hasilnya jika usaha ini kamu seriusin.

Buka Toko Online

Jualan online juga sebagai usaha yang bisa kamu tekuni. Bingung kira-kira ingin jualan apa? Kamu harus tau pasar duku dan apa yang gampang dijual untuk mahasiswa seperti kamu. Jika sudah dapat modal dan abrang yang ingin kamu jual, kamu juga perlu website sebagai landing page atau toko onlinemu yang berisikan katalog barang-barang yang kamu jual.

Tentukan nama toko onlinemu yang unik, misalnya casemahasiswa.net. Iya benar, harus dengan domain berbayar agar makin terlihat kredibel dan terpercaya. Selanjutnya kamu manfaatkan jejaring social media, atau ecommerce untuk meraup banyak pelanggan. Cantumkan identitas alamat websitemu ya ketika berpromosi di social media atau ecommerce agar pelangganmu tau banyak pilihan barang yang kamu jual.

Penerjemah

Usaha sampingan ini paling pas jika kamu jago dalam berbahasa asing, English, Mandarin atau Jepang misalnya. Untuk usaha sampingan yang satu ini, konon katanya bayarannya cukup besar lho. Buat kamu yang berencana ingin menjadi penerjemah, mulai belajar Bahasa asing dari aktivitasmu sehari-hari, seperti saat menonton film dengan subtitle Bahasa asing, atau mendengarkan lagu. Hal kecil seperti ini bisa mengasah kemampuanmu dalam berbahasa asing, lho.

Guru Private

Menjadi guru private dengan mengajar siswa SMA atau SMP juga bisa menjadi pilihan sebagai usaha sampingan. Lebih enaknya karena kamu bisa menyesuaikan jadwal dengan muridmu kapan harus mengajar. Tak banyak bekal atau kemampuan khusus yang harus kamu siapkan, materi-materi sewaktu SMP atau SMA tentu masih ingat kan? Kalaupun sudah lupa, kamu hanya perlu waktu yang tidak lama untuk mempelajarinya kembali, kemudian mengajarkannya kepada muridmu tersebut.

Usaha sampingan apa nih yang kamu pilih? Jika kamu berkeinginan punya blog, yuk mulai pikirkan nama domain blogmu mulai dari sekarang. Kunjungi RumahWeb untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai domain .net, temukan juga penawaran menarik di sana. Kamu juga bisa cek hashtag #jawabkenapamudengandotnet untuk informasi lengkapnya.

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close