KesehatanLifestyle

Selain Murah & Hasil Sempurna, Ini Dia Keistimewaan Operasi Hidung di Thailand

Selalu ada cara untuk mengubah penampilan agar terlihat lebih menawan, salah satunya adalah dengan mengubah bentuk hidung menjadi lebih proporsional sesuai dengan bentuk wajah. Berbagai jalan pun bisa dilakukan, operasi hidung di Thailand menjadi pilihan utama bagi banyak orang demi mendapatkan hasil yang sempurna. Apa saja sih keistimewaan operasi hidung di negeri gajah ini?

Operasi hidung (rhinoplasty) merupakan upaya pembedahan untuk mendapatkan bentuk hidung sesuai dengan yang diinginkan. Jangan salah, orang melakukan operasi hidung bukan perkara estetika atau penampilan saja. Ada alasan lain kenapa operasi hidung harus dilakukan, seperti memperbaiki hidung yang cacat karena bawaan dari lahir atau akibat kecelakaan. Ada juga yang dilakukan untuk mempermudah pernafasan karena bentuknya yang tidak ideal.

Menurut Tompi, dokter ahli bedah sekaligus penyanyi, kita tidak perlu terburu-buru melakukan operasi plastic, termasuk juga operasi hidung. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter bedah, apakah jalan yang akan kita lakukan sudah bijak atau hanya keinginan sesaat saja, jangan sampai salah ambil keputusan, ya!

Jenis-jenis Operasi Hidung

Jika dilihat dari tujuannya, ada beberapa jenis operasi hidung. Lebih detailnya sebagai berikut:

  • Turbinoplasty: Operasi hidung untuk memotong atau mengeluarkan tulang rawan turbinat yang membesar. Pembesaran ini menghalangi saluran pernapasan. Diharapkan setelah dilakukan oeprasi, aliran pernapasan menjaid lancar.
  • Rhinoplasty: Operasi hidung dengan alasan estetika atau memperbaiki penampilan. Bisa saja operasi ini dilakukan untuk memperbesar lubang hidung atau mengubah bentuk hidung.
  • Septoplasty: Operasi hidung untuk memperbaiki deviasi septum nasal. Jika kita memegang lubang hidung, ada dinding pembatas yang membagi lubang hidung kiri dan kanan. Ada kalanya kondisi septum menyimpang dan bergeser sehingga menghalangi aliran udara yang masuk pada salah satu sisi hidung.
  • Rhinosseptoplasty: Operasi hidung yang dilakukan karena kondisi deviasi septum nasal yang terlalu parah.

Tahapan Umum Operasi Hidung di Thailand

Pada umumnya, sebelum operasi hidung biasanya dokter melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Dokter akan melihay bagaimana bentuk hidung, termasuk keadaan kulit, kekuatan tulang rawan, tes darah hingga foto rontgen hidung.

Kita bisa saja membawa foto hidung yang kita inginkan untuk dijadikan patokan, tetapi bentuknya belum tentu cocok dengan wajah kita. Inilah fungsinya konsultasi, dengan foto rontgen dari berbagai sisi sebelumnya tersebut, dokter akan menyarankan bentuk hidung yang cocok dengan memperlihatkan foto digital perkiraan bentuk hidung setelah operasi dilakukan. Uniknya, di beberapa rumah sakit di Thailand seperti Masterpiece, konsultasi ini bisa dilakukan secara online, lho. Dokter juga akan melihat riwayat kesehatan yang kita miliki. Ini untuk menghindari risiko seperti pembekuan darah, pendarahan, atau infeksi lainnya.

Operasi hidung sendiri biasanya memakan waktu paling cepat hanya 20 menit saja. Ini tergantug tingkat kesulitannya, rata-rata memakan waktu 1 jam, ini bisa lebih lama jika harus melakukan rekontruksi terlebih dahulu.

Kurang lebih 3 hari pasca operasi, kita sudah diperbolehkan pulang, biasanya pihak rumah sakit juga akan memberikan sertifikat khusus sebagai bukti jaminan kesehatan.

Biaya Operasi Hidung di Thailand

Seperti yang kita tau, bahwa Thailand dikenal sebagai negara tujuan operasi plastik yang sangat terjangkau. Bahkan ada yang menyebutkan kalau kita bisa menyelamatkan kocek kita hingga jutaan rupiah jika memilih Thailand sebagai negara tujuan untuk operasi plastik.

Sebagai perbandingan, untuk biaya operasi hidung di Indonesia (seperti di Jakarta) biaya operasi hidung berkisar antara Rp11.000.000 hingga lebih dari Rp17.000.000. Rentang harga ini tergantung dari operasinya dilakukan di rumah sakit mana, serta jenis obat bius yang digunakan.

Sedangkan jika operasi hidung di Thailand kita harus merogoh kocek antara Rp7.000.000 hingga Rp27.400.000. Harga ini jangan dijadikan patokan, karena bisa berbeda di setiap rumah sakit atau klinik. Bahkan kita bisa saja mencari rumah sakit atau klinik yang menawarkan harga operasi hidung yang lebih murah. Namun ingatlah, bahwa harga bukan satu-satunya yang bisa kita jadikan alasannya. Kita mungkin saja bisa mendapatkan harga yang lebih tinggi, tapi dengan perawatan yang lebih baik.

Disarankan sebelum melakukan operasi hidung di Thailand, kita sebaiknya menyiapkan dana tak terduga minimal Rp5.000.000.

Keistimewaan Lain Operasi Hidung di Thailand

Bisnis health tourism berkembang pesat di Thailand. Negeri Seribu Pagoda ini menerima jutaan pengunjung dari seluruh dunia yang pergi ke sana hanya untuk melakukan operasi plastik, termasuk operasi hidung. Misalnya saja Australia, ada sekitar 15.000 warganya yang berkunjung setiap tahunnya untuk berwisata medis. Untuk Indonesia sendiri menjadi negara nomor 3 terbesar setelah Malaysia dan Singapura yang warganya banyak melakukan operasi hidung.

Banyak rumah sakit terkenal di Thailand, salah satunya adalah Bumrungrad International di Bangkok yang memberikan penawaran khusus kepada kita dengan prosedur terpercaya dan fasilitas yang memadai. Banyak rumah sakit di Thailand yang sudah terakreditasi oleh Joint Commission International, sebuah organisasi yang mempromosikan standar perawatan yang ketat di lebih dari 90 negara di dunia. Rumah Sakit Bumrungrad International di Bangkok ini menjadi rumah sakit Asia pertama yang memenuhi standar pada tahun 2002.

Satu lagi! Dokter ahli bedah plastik di Thailand juga sangat terlatih. Mereka telah belajar secara khusus di negara barat untuk menjadi tenaga ahli yang lebih profesional. Tentunya dengan ini pula, kita tak perlu takut kesulitan berkomunikasi dengan para dokter di Thailand ini karena bisa menggunakan bahasa Inggris.

Rumah Sakit & Klinik Pilihan di Thailand

Seperti yang dilansir dari MEDIGO, beberapa rumah sakit di Thailand yang bisa kita jadikan tempat untuk operasi hidung (dan bedah plastik lainnya) dengan prosedur dan layanan terbaik adalah sebagai berikut:

  • Bumrungrad International (Bangkok).
  • Masterpiece Hospital (Bangkok).
  • Asia Cosmetic Hotel (Bangkok).
  • Sikarin Hospital (Bangkok).
  • Thainakarin Hospital (Bangkok).
  • Phi Beauty Clinic (Phuket).
  • Care Medical Center (Bangkok).
  • Radiant Medical (Phuket).
  • Nirunda (Bangkok).
  • Absolute Care Clinic (Chiang Mai).
  • Chiangmai Ram Hospital (Chiang Mai).
  • Proderma (Bangkok).
  • Bangpakok 9 International Hospital (Bangkok).

Risiko dan Efek Samping Operasi Hidung

Tak lengkap rasanya jika tidak membahas apa saja kemungkinan yang bisa terjadi setelah operasi hidung. Beberapa efek samping operasi hidung antara lain sebagai berikut:

  • Hidung mati rasa, tersumbat atau bahkan berdarah. Keadaan ini bisa terjadi sekitar satu minggu lamanya, sehingga kita akan kesulitan bernafas.
  • Awalnya bentuk hidung akan asimetris, kita baru akan mendapatkan bentuk yang sempurna setelah beberapa waktu ke depan.
  • Efek samping yang muncul karena obat bius saat operasi (anestesi).
  • Nyeri, bengkak dan memar pada hidung yang akan lama redanya.
  • Adanya infeksi pasca operasi.
  • Terdapat bekas luka sayatan.
  • Kerusakan saraf di hidung.

Untuk memperkecil kemungkinan di atas, memilih rumah sakit terbaik sangatlah penting. Konsultasi dengan dokter harus terus dilakukan, baik sebelum dan pasca operasi, hingga kita benar-benar sudah merasa sehat.

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close