Tips & Cara

Cara Mengurus SIM yang Hilang, 2 Jam Jadi!

Cara Mengurus SIM Hilang – Pernah kebayang nggak kehilangan dompet yang isinya berbagai kartu identitas diri seperti KTP, SIM, STNK, Kartu Debit, Kartu Kredit, BPJS, Kartu Asuransi, Kartu NPWP, Member card, foto, dan tentunya uang yang nggak sedikit? Ya, itulah yang pernah aku alami. Waktu itu ya gitu, bingungnya setengah mati kayak nggak punya identitas udah.

Oke, dalam beberapa postingan ke depan, aku bahas satu per satu bagaimana cara mengurus kartu identitas tersebut. Yang pertama, aku akan bahas cara mengurus SIM hilang, semoga bermanfaat.

Mengurus Surat Kehilangan di Kantor Polisi

Ketika SIM kamu hilang, yang harus kamu lakukan adalah ke kantor polisi buat lapor dan bikin Surat Kehilangan. Bagusnya sih, nomor SIM-mu dihafalin, biasanya kamu ada foto kopi kan? Kalau nggak ada juga nggak apa-apa kok, nanti Bapak Polisi akan menuliskan sesuai dengan apa yang kamu ingat saja.

Kalau udah dapat Surat Kehilangan, kamu foto kopi tuh suratnya, sebanyak-banyaknya karena bakal penting untuk buat ngurus surat-surat identitas lainnya nanti.

Lapor ke Satlantas Terdekat & Mengurus Dokumen

Kalau udah ada Surat Kehilangan, tinggal datang ke Kantor Satlantas terdekat untuk melapor. Sampai sini, kamu ke Loker Pendaftaran SIM, bilang ke petugas kalau SIM-mu hilang.

Petugas akan meminta Surat Kehilangan (asli + foto kopi), foto kopi SIM lama (jika ada) dan Kartu Identitas Sementara -pengganti e-KTP yang lembaran- (asli dan foto kopi).

Petugas kemudian akan mencocokkan data diri, dan memberikan form dan dokumen-dokumen yang harus kamu isi. Di sini kamu juga akan diberi surat pengantar untuk melakukan Tes Kesehatan.

Tes Kesehatan

Biasanya di deket Satlantas, ada Puskesmas. Kamu bisa melakukan tes kesehatan di sana. Maksud dari tes kesehatan ini adalah cuma tes buta warna itu yang tebak angka. Nggak akan lama kok. Petugas juga akan langsung tanya berapa minus jika kamu pakai kacamata.

Selesai, kamu diberi surat keterangan yang harus kamu tunjukkan kepada petugas di Satlantas tadi.

Foto Diri dan Menunggu Hingga Jadi

Serahkan dokumen-dokumen tersebut kepada Petugas. Kamu akan diberikan nomor antrian untuk foto langsung, Pada saat foto nanti, akan dilakukan juga proses yang sama seperti membuat SIM baru, seperti rekam sidik jari, tanda tangan dan verifikasi ulang kelengkapan data kamu.

Setelah semuanya selesai, kamu tinggal menunggu namamu dipanggil petugas untuk diserahkan SIM baru-mu. Selamat ya?

Cara mengurus SIM yang hilang ini nggak akan memakan waktu, nggak sampai seharian juga. Pokoknya dalam hitungan jam, kamu sudah bisa memegang SIM kamu yang baru. Nggak perlu tuh nyewa jasa calo, leubar pisan!

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close