FilmShowbiz

Sebuah Review, Sudut Pandang Lain dari Film Akhir Kisah Cinta Si Doel

Apa sih ekspektasimu ketika nonton film Akhir Kisah Cinta Si Doel? Apa hanya sekedar pengen tau siapa yang akhirnya dipilih Si Doel? Menurutku, film ini cukup berisiko, pasalnya sebagian besar penonton sudah punya jagoan masing-masing, Tim Sarah atau Tim Zainab. Jika Si Doel nggak milih jagoannya, bisa saja penilain film dari penonton nggak begitu objektif.

Sebelum film Akhir Cerita Si Doel ini, ada 2 film yang rilis di awal tahun 2018 dan 2019. Secara umum 2 film itu menceritakan kembalinya Sarah dan anaknya yang juga bernama Dul di kehidupan Doel & Zainab. Dul adalah anak kandung dari pernikahan Si Doel dan Sarah. Selama ini Dul dibesarkan sendiri oleh Sarah di Belanda. Dul bahkan tak pernah tau sosok ayahnya, dia hanya mendengar cerita dari sang mama tercinta.

Kehadiran Sarah membawa masalah yang cukup pelik, mengingat Si Doel sendiri belum menceraikannya secara hukum. Sementara Zainab merasa sebagai kekasih bayangan Si Doel saja. Zainab masih dihantui rasa bersalah karena membuat Sarah meninggalkan Doel ke Belanda sekitar belasan tahun yang lalu. Namun tenang saja, walaupun kamu belum sempat menonton 2 film sebelumnya, film Akhir Kisah Cinta Si Doel ini sudah cukup merangkum kisahnya di menit-menit awal. Artinya, dari segi cerita kamu sudah bisa mengikuti film Akhir Kisah Cinta Si Doel ini.

Say Good Bye to Sad Boy

Masih ingat dengan gadis yang diperankan oleh Wizzy di Si Doel The Movie 2? Iya, gadis yang tiba-tiba naik di opletnya Mandra itu, lho. Nah, gadis inilah yang akhirnya mempertemukan Mandra dengan kekasih lamanya, Munaroh. Aku sengaja menjadikan spotlight di artikel ini karena respon penonton di bioskop begitu terperangah. Sungguh tak disangka bahwa kisah cinta Mandra dihadirkan kembali di film terakhir si Doel ini dengan akhir yang indah. Jadi, nggak ada lagi tuh si sad boy Mandra. Dia sangat bahagia karena bertemu lagi dengan kekasih lamanya.

Father and Son’s Chemistry Steal the Story

Bagian paling menyentuh justru ada pada chemistry Si Doel dan Dul. Maksudku di sini tentang bagaimana Dul berusaha merajut moment bersama ayah kandungnya, moment yang hampir saja tidak dia miliki sejak lahir hingga usianya yang sekarang. Dul awalnya sangat benci pada ayahnya, tapi perlahan dia bisa menerima kehadiran ayahnya ini. Untuk merajut kenangan, Dul bahkan rela beradaptasi dari gaya hidup mewah menjadi sangat sederhana dengan tinggal di rumah engkongnya di Gandul, Cinere.

Mataku mulai berkaca-kaca saat Si Doel dan Dul mau ke masjid. Dul mengutarakan kalau dirinya tetap berusaha baik-baik saja jika suatu saat Si Doel dan Sarah akhirnya memutuskan untuk bercerai. Mata Dul tampak basah, sepertinya dia tulus mengatakan hal tersebut demi kebahagiaan semuanya.

Puncak yang menguras air mata ada pada adegan flashback kebersamaan Si Doel dan Dul di film-film sebelumnya, ditambah backsound soundtrack lagunya Andmesh yang berjudul Hanya Rindu, makin membuat diri nggak bisa menahan air mata. Ini membuat perasaanku rindu yang serindu-rindunya pada sosok almarhum bapak, juga ingat ibu di rumah, ingat keluarga, ambyaaar pokoknya air mata. Beberapa kali menyeka, tapi tetep keluar ini air mata.

Mak Nyak & Babeh Sabeni yang Tak Terganti

Nggak lupa, sosok yang bikin ‘nyes’ adalah Nyak dengan tasbih yang tak lepas dari tangannya, dengan mulut yang tak henti mengucap doa untuk anak, cucu dan keluarganya. Walaupun keberadaan Nyak hanya di kamar, tapi Nyak tau konflik yang terjadi di rumahnya. Feeling Nyak memang tidak pernah salah, termasuk saat harus menebak isi hati Zainab.

Babeh Sabeni sendiri sempat disinggung oleh cucunya dengan bangga. Doel pun juga sempat mengajak Dul berziarah ke tempat peristirahatan terakhir kakeknya ini. Walau hanya beberapa detik, tapi cukup bikin penonton bernostalgia.

Jadi Zainab atau Sarah? Siapa Pilihannya?

Aku sih kesel, sepanjang film ini Doel menurutku minim dialog, jatuhnya nggak tegas. Jawabnya hanya sepotong-potong saja. Dari judulnya saja Akhir Kisah Cinta Si Doel, jadi di film yang berdurasi 90 menit ini akan ngasih tau jawabannya. Kamu jangan kecewa kalau pilihanmu nggak dipilih Doel ya. Selamat bernostalgia.

Score film Akhir Kisah Cinta Si Doel (4/5)
⭐⭐⭐⭐

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close