KesehatanLifestyle

Berkumur Lebih Sehat dengan Ekstrak Green Tea

Saat ini, makin banyak orang yang sadar akan kesehatan gigi dan mulut. Setidaknya dengan mengosok gigi 2x sehari dan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin adalah cara yang umumnya dilakukan orang untuk menjaga gigi dan mulut agar tetap sehat.

Ada cara sederhana lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, yaitu berkumur. Seperti yang dilansir dari blodsky, berkumur, terutama setelah makan bisa menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih menempel di plak dan menjadi karang gigi.

Plak menjadi faktor utama yang menyebabkan masalah kesehatan gigi dan mulut pada orang di usia berapa pun. Plak gigi sendiri merupakan lapisan lunak yang terdiri dari sekumpulan bakteri yang berkembang biak di dalamnya. Sisa-sia makanan yang terakumulasi akhirnya menjadi plak dan bisa berakibat lebih serius seperti terjadinya karies gigi, gingivitis dan periodontitis kronis.

Berkumur adalah salah satu cara untuk mencegahnya, dan akan lebih baik jika dengan memakai cairan pembersih mulut (mouthwash) agar hasilnya lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari berkumur, yang tentunya sudah dibuktikan secara medis:

  • Sebagai antiseptik yang efektif dalam mengobati sariawan.
  • Membunuh bakteri yang menyebabkan plak, gigi berlubang dan radang gusi.
  • Penetral bau dan mencegah bau mulut.
  • Menjaga gigi agar tetap sehat, tidak berlubang atau tumbuh plak.
  • Meredakan berbagai gejala penyakit lain yang umum terjadi seperti sakit gigi, radang tengorokan dan sakit tenggorokan.

Berjuta Manfaat Ekstrak Green Tea untuk Berkumur

Trend serba green tea akhir-akhir ini memang marak. Green tea tak hanya digunakan untuk memadukan cita rasa kuliner yang sangat menggiurkan, bahkan juga dimanfaatkan di dunia per-skincare-an untuk penampilan yang makin rupawan. Ternyata, jauh sebelum trend ini terjadi, green tea sudah diuji secara klinis dan dimanfaatkan di dunia medis, salah satunya dengan digunakan ekstrak green tea untuk berkumur.

Teh hijau dibuat dari tanaman camellia sinensis. Untuk membuat ekstrak the hijau untuk berumur prosesnya adalah dengan melayukan, mengukus, menyangrai daun the hijau, lalu mengeringkannya. Setelah itu, barulah diseduh dengan air hangat sama seperti membuat teh pada umumnya.

Ekstrak green tea alias teh hijau merupakan suplemen yang berasal dari tanaman teh hijau yang mengandung senyawa antioksidan, polifenol jenis catechin (Epigallocatechin Gallate, EGCG) dan flanovoid.

Menghambat Pertumbuhan Bakteri dan Plak

Menurut drg Diego Dimas MM dari situs Klik Dokter, senyawa EGCG bisa melawan biofilm bakteri pada mulut yang biasanya menyebabkan plak gigi. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa berkumur dengan ektrak green tea selama 5 menit bisa menurunkan pertumbuhan bakteri secara drastis drastis pertumbuhan bakteri. Karena pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang semakin sedikit, maka tingkat keasaman air liur juga ikut menurun.

Mencegah Bau Mulut

Bau mulut memang bikin kita tidak percaya diri. Wajar kok, karena masalah bau mulut ini bisa saja terjadi pada siapa saja. Solusinya nggak sesederhana dengan kita makan permen atau menyemprotkan penyegar mulut saja. Bau mulut tetap akan tetap timbul nantinya, ibarat sebuah siklus yang terus-menerus terjadi.

Bau mulut timbul karena bakteri yang tumbuh di tenggorokan bagian belakang. Letak tumbuhnya bakteri yang berada di belakang ini tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi, sehingga berkumur menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.

Polifenol yang terkandung dalam greentea dipercaya bisa menghambat pertumbuhan bakteri hingga 30% dan mengurangi produksi senyawa penyebab bau mulut. Nafas dan bau mulut akan lebih segar dengan berkumur menggunakan ekstrak green tea.

Mencegah Radang Kronis pada Gusi

Manfaat ekstrak green tea yang tak kalah penting adalah mencegah penyakit gum atau radang kronis yang mempengaruhi gusi dan tulang yang menopang gigi. Kandungan EGCG dalam ekstrak greentea berfungsi sebagai zat antiperadangan yang merespom dengan peningkatan regenerasi dan penyembuhan penyakit gusi.

Mencegah Masalah Gigi yang Berkelanjutan

Masalah gigi yang berkelanjutan seperti gigi berlupang atau gigi copot bisa diatasi dengan cara berkumur ekstrak green tea. Zat EGECG yang terkandung dalam ektrak green tea menurunkan keasaman pada rongga mulut dan meredakan masalah penyakit gusi.

Tips Berkumur dengan Ektrak Green Tea

Berkumur dengan ekstrak green tea tak hanya sekedar mengocok air dalam mulut lalu membuangnya saja. Ada cara berkumur lebih efektif yang bisa kamu lakukan, seperti berikut ini:

  • Sediakan gelas kumur khusus yang bersih. Hal ini dianggap lebih aman untuk menghindari penyebaran bakteri.
  • Isi gelas kumur dengan ekstrak green tea secukupnya.
  • Minumlah sebagian cairan ekstrak green tea.
  • Berkumurlah secara merata hingga ke bagian depan dan samping mulut.
  • Ber-gagle dengan menengadahkan kepala ke belakang, lalu buka mulut dan bernafas lewat mulut sehingga cairan bergelembung. Usahakan cairan jangan sampai tertelan. Lakukan ini selama 30 detik.
  • Buang cairan dari dalam mulut.
  • Lanjutkan dengan menggosok gigi agar lebih maksimal.

Nggak nyangka kan manfaat berkumur bisa sehebat itu? Manfaat berkumur akan berkali-kali lipat dengan menggunakan ekstrak green tea. Sehingga, kesehatan mulut dan gigi pun akan lebih terjaga. Semakin kita aware dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, maka semakin banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, mengingat kesehatan gigi dan mulut juga turut berpengaruh terhadap penampilan dan kepercayaan diri.

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close