Content MarketingVideo Marketing

Tips Agar Video YouTube Banyak Viewer (1): YouTube Insight

Perdana di kategori ini aku sengaja nulis untuk YouTube terlebih dulu karena sekarang lagi men-develop sebuah channel di YouTube. Kalau kamu baca judul artikel ini kok ada part-part-nya ya? Emang gitu kok, aku sengaja menulis tips agar video youtube banyak viewer dengan membaginya menjadi beberapa part, biar gak ngos-ngosan nanti.

Yang akan aku bahas di sini adalah gimana cara menjadi jawara di YouTube, atau lebih tepatnya di pencarian YouTube posisi videomu nongol di halaman pertama dan urutan atas, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan banyak view. Tips ini yang aku pelajari setahun setengah ke belakang dari beberapa referensi seperti: Brian Dean, VidIQ, Keyword Tools, Social Bakers, Vidooly, Udemy dan lainnya.

Objective-nya adalah gimana cara agar videomu muncul di urutan atas dari pencarian YouTube untuk keyword tertarget. Aku akan bahas juga gimana meng-optimize fitur-fitur yang di YouTube yang mungkin belum kamu tau.

Lantas jangan berpikiran bahwa result-nya nanti YouTube kamu bakalan bisa ‘menyaingi’ Atta Halilintar atau Ria Ricis, lho. Ini beda, mereka sudah punya audience sendiri. Kamu yang pemula, memulai per-youtube-an setidaknya bisa memanfaatkan trik yang akan aku bagi nanti. Ohya, aku anggap kamu di sini sudah khatam perkontenan atau editing video-nya ya. Let’s get started!

Introduction: YouTube Insight

Kenapa YouTube? Dari data yang aku dapat dari Socialbakers, YouTube adalah social media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Lihat infographic berikut.

YouTube adalah mesin pencari terbesar nomor dua yang diakses setelah Google. YouTube memproses setidaknya 3 miliar pencarian setiap bulannya, dengan jumlah pengguna di seluruh dunia mencapai 1,300,000,000, sebuah angka yang cukup besar kan? Video juga sangat mudah ditemukan di pencarian Google, 70% dari 100 daftar pencarian teratas di Google adalah hasil video.

Data lain yang diperoleh dari Ericsson mengungkapkan bahwa pengguna internet di dunia rela menghabiskan setengah triliun giga byte paket data mereka dengan 2/3-nya digunakan untuk streaming dan download konten video. Rupanya, masyarakat sekarang memang suka disajikan dengan konten yang tak hanya menyajikan teks saja, tapi juga visual yang mendukung konten tersebut.

Satu lagi, Video di YouTube bisa mendapat peringkat berdasarkan berbagai faktor, termasuk seberapa baik kamu menulis judul, deskripsi dan kecocokan video dengan viewers query. Kita akan mempelajari point ini lebih detail nanti, ya.

Hal yang Mungkin Belum Kamu Ketahui dari YouTube

Sebelum kita menginjak tips agar video YouTube banyak viewer, beberapa hal tentang YouTube berikut ini mungkin belum kamu ketahui, sehingga bisa kamu jadikan insight tambahan:

  • Kata kunci dan topik populer di YouTube adalah: How To, Review, Tutorial, Funny Video, Fitness/Sports related, dan game.
  • YouTube menilai kualitas video berdasarkan bagaimana orang-orang berinteraksi dengan videomu (engagements), seperti: Like, Comment, Subscribe, dan Share.
  • Share video yang baik adalah dengan klik Share/Bagikan yang ada di bagian bawah video, bukan copy paste link langsung dari browser.
  • YouTube menghitung views setelah 30 detik pertama. Untuk point ini sebenarnya masih aku pertanyakan kevalidannya karena banyak video (biasanya dibuat untuk kepentingan ads) dengan durasi di bawah 30 detik sudah ada views yang cukup banyak.
  • Video berdurasi panjang lebih works berada di urutan pertama pencarian.
  • SEO YouTube bekerja berdasarkan algoritma yang memperhitungkan waktu penonton stay untuk melihat videomu atau berinteraksi lewat share dan komentar di dalamnya.
  • Durasi tonton rata-rata (average view duration) di YouTube ternyata tidak lebih dari 4:00, tetapi YouTube lebih suka video berdurasi panjang. YouTube ingin menjaga orang-orang menonton video dalam jangka waktu yang lama, sehingga wajar jika YouTube ingin mempromosikan video dengan durasi panjang.
  • Definisi video berdurasi panjang adalah sekitar 8 – 15 menit.
  • Faktor peringkat YouTube yang paling penting adalah total waktu tontonan video Anda (Total Watch Time).

Data-data yang ada di artikel ini, akan aku update secara berkala dengan insight baru atau koreksi. Untuk detail lain bagaimana jadi jawara di YouTube lainnya, akan aku bahas di artikel berikutnya, ya!

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close