Hobi & OlahragaLifestyle

Kriteria Sepatu Ini Bisa Bikin Kamu Kencang dan Nyaman Berlari

Buat kamu yang rutin berolahraga jogging atau lari, salah satu item yang wajib kamu punya tentunya adalah sepatu lari. Kenapa penting? Karena semua dinamika saat kamu berlari, misalnya berat tubuh hingga dorongan ke depan, ditanggung oleh kaki. Sehingga memilih rekomendasi sepatu lari yang tepat wajib kamu ketahui. Jangan sampai kamu cedera hanya karena memakai sepatu lari yang salah.

Berikut ini adalah tips memilih sepatu lari yang harus kamu tau, termasuk kriteria apa saja yang harus dimiliki oleh sepatu agar kamu tetap bisa nyaman saat berlari.

Tipe Pronasi Telapak Kaki

Pronasi adalah gerakan telapak kaki kamu saat berlari. Tipe pronasi sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yakni sub pronasi (melengkung)  dan over pronasi (gerakan kaki berayun). Tipe-tipe ini tentu memiliki gerakan yang berbeda, sehingga tipe sepatu yang dibutuhkan juga berbeda.

Selain itu, kontur pada permukaan sol sepatu juga harus pas dengan permukaan kaki agar beban pada kaki menyebar rata.

Bahan Peredam

Pilih sepatu yang memiliki peredam. Kenapa ini penting? Karena saat kamu berlari, sebenarnya ada tegangan impuls yang cukup besar pada kaki, makin lama berlari, makin besar pula tegangannya. Jika terjadi terus-menerus bisa mengakibatkan cedera pada kaki kamu.

Berat

Dalam memilih sepatu, harus diukur berapa jarak yang ditempuh saat berlari. Makin ringan bobot sepatu, makin cepat pula kamu bisa berlari. Idealnya sepatu dengan berat yang tergolong ringan, cocok untuk lari jarak dekat (sekitar 5 km). Kamu bisa menyesuaikannya sendiri sesuai kebutuhan.

Kelenturan

Kelenturan sepatu juga penting kamu perhatikan. Jika kurang lentur, maka banyak energi gerak yang terserap sehingga bisa memperlambat lari. Tes kelenturan ini bisa dilakukan dengan menekuknya, semakin kuat sepatu menghentak balik itu berarti semakin lentur.

Ventilasi

Suhu dalam sepatu bisa berada di atas batas normal karena aktivitas dan tanggungan beban pada kaki. Jika terlalu panas, bisa membuat kamu tidak nyaman tentunya. Jadi, alangkah baiknya jika ventilasi dalam sepatu kamu pas dengan aktivitas berlari yang kamu lakukan.

Tips memilih sepatu lari di atas bisa bermanfaat untuk kamu yang mungkin sekarang lagi ingin membeli sepatu untuk diri sendiri, atau untuk teman yang punya hobi lari. Jangan sampai salah pilih sepatu lagi ya, daripada kamu istirahat beberapa hari karena cedera, mending sedari awal sudah pilih sepatu yang tepat.

Selamat berlari!

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close