FilmShowbiz

Penjelasan Film Us: Lupita Nyong’o

Penjelasan Film Us – SPOILER ALERTS. Buat kamu yang belum nonton dan nggak mau kena spoiler, mending klik dan baca artikel lain dulu. Artikel ini aku coba ngasih beberapa penjelasan hasil cerna otakku dengan kapasitas yang terbatas. Maaf kalau salah, ya. Kamu komentar saja jika ada hal lain yang aku miss buat jelasin.

Kuncinya memang ada di tokoh utama Lupita Nyong’o, biar nggak bingung kita sebut saja Adelaide (baik) dan Red (jahat) ya. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang film Us ini:

Sinopsis versi Cinema 21: 

Pasangan suami istri Gabe Wilson (Winston Duke) dan Adelaide Wilson (Lupita Nyong’o) membawa kedua anak mereka untuk liburan ke pantai untuk bersenang-senang.

Namun teror datang ketika malam menjelang. Kebersamaan keluarga ini berubah menjadi ketakutan yang tak terbayangkan saat tamu tak diundang muncul di halaman rumah mereka.

Nah, di sini aku akan menyampaikan sinopsis yang sedikit spoiler versi aku:

Film ini bercerita tentang kehidupan seorang wanita bernama Adelaide. Ia adalah makhluk hasil eksperimen yang hidup di bawah tanah. Selain Adelaide, masih banyak makhluk-makhluk lainnya. Mereka semua ini adalah kembaran dari manusia yang sama, yang hidup di dunia atas (dunia yang sebenarnya ini).

Hidup makhluk bawah dengan manusia atas saling beriringan alias sama. Setiap manusia atas melakukan sesuatu di dunianya, makhluk bawah melakukan hal yang sama di dunianya sendiri. Kalau kata film ini sih, “satu jiwa, dua tubuh”. Perlu diingat, teknologi di dunia bawah dan atas tentu berbeda.

Kembali lagi ke Adelaide. Suatu hari, Adelaide kecil secara tidak sengaja bertemu dengan kembarannya di Pantai Cruz, Red. Mereka berdua kemudian bertukar tempat, Adelaide mencekik Red, membawanya ke dunia bawah dan memborgolnya biar nggak kabur.

Kehidupan mereka berdua pun berubah drastis. Mereka berdua mulai beradaptasi dengan dunianya masing-masing. Red di dunia bawah yang serba terbatas, sementara Adelaide dengan kehidupan yang serba modern. Ohya, makhluk bawah ini nggak bisa ngomong, jadi orangtua Red sempet panik mendapatai anaknya (yang sebenarnya adalah Adelaide) nggak bisa ngomong. Inget kan kejadian di ruang tamu? Nah, ini mereka udah tukeran posisi.

Tahun demi tahun telah berlalu. Adelaide pun hidup bahagia dengan suami dan dua anaknya.  Demikian juga dengan Red yang berada di dunia bawah, dia juga sudah berkeluarga, tapi entah bahagia atau enggak. Di tengah liburannya tersebut, tiba-tiba Adelaide sekeluarga diserang oleh Red sekeluarga.

Di scene ini Red bilang kalau dirinya dendam dengan Adelaide. Di sini juga kamu bakal ngeh kalau satu-satunya makhluk yang nyerang tersebut, yang bisa ngomong cuma Red. Ya karena Red adalah manusia asli dari dunia atas. Cuma ngomongnya agak-agak serak, mungkin ini karena dicekik, dan tingkah lakunya beda mungkin karena adaptasi dengan lingkungan bawah selama bertahun-tahun.

Dendamnya Red ini juga memicu penyerangan makhluk bawah yang lain ke dunia atas. Seru! Jadi seisi wilayah tersebut kacau balau karena penyerangan ini.

Masih banyak kok detail informasi yang belum aku sampaikan di sini, biar kamu yang langsung menontonnya. Film ini memang rewatchable, kita kudu nonton berkali-kali untuk mengerti apa maksud dan cerita dari film karya sutradara Jordan Peele ini. Ohya, konon film ini ‘mengusir’ film Dilan dari jajaran layar di beberapa bioskop, lho. Jadi emang menjanjikan banget.

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close