LifestyleTeknologi

Rekam Jejak Motor Listrik Indonesia: Ketidakmungkinan yang Segera Terealisasikan

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang sampai sekarang masih meragukan kecanggihan motor listrik. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa sebuah hal yang mustahil motor listrik di Indonesia bisa berkembang pesat. Ketidakmungkinan tersebut perlahan bisa dipatahkan, harapan perkembangan motor listrik Indonesia mulai terlihat titik terangnya.

Aku sama seperti kamu, yang masih awam terhadap motor listrik. Ada sesuatu yang memaksaku untuk mempelajari tentang motor listrik di Indonesia. Aku akan bagi insight tentang motor listrik di Indonesia, mari kita ulas satu-persatu kelebihan motor listrik:

Prinsip Kerja Motor Listrik: Hemat Pengeluaran & Kemudahan Penggunaan

Motor listrik selama ini hanya dipandang sebagai motor emak-emak yang dipakai di sekitaran kompleks, untuk ke mini market atau mengantar jemput anak ke sekolah. Semestinya pandangan tersebut perlahan-lahan harus diubah. Aku tau, menghilangkan sebuah kebiasaan itu sangat sulit. Sama seperti masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa menggunakan motor konvensional, lalu dipaksa untuk beralih ke motor listrik. Apakah motor listrik sudah secanggih itu? Ingat, di luar sana sudah banyak orang yang sudah mulai tau kecanggihan motor listrik dan mulai beralih menggunakannya. Motor listrik ini disebut-sebut sebagai sebuah solusi yang menjawab masalah keterbatasan dan dampak buruk yang diakibatkan oleh penggunaan motor konvensional.

Motor listrik bisa menghemat pengeluaran. Kita yang biasanya sering membeli bahan bakar seperti bensin untuk motor konvensional, maka dengan motor listrik ini tidak perlu lagi membelinya lagi. Cara kerja motor listrik cukup dengan mencolokkan kabel pengisi daya ke sumber listrik, sesederhana seperti saat kita men-charge handphone. Setelah baterai terisi full, maka kita dapat menggunakan motor tersebut.

motor listrik indonesia
motor listrik indonesia

Solusi Jarak Tempuh yang Terbatas Sudah Terjawab

Sayangnya, motor listrik ini tidak bisa dipakai untuk perjalanan jauh. Terdapat keterbatasan jarak tempuh atau daya baterai yang mungkin saja habis, lalu kita kesusahan dalam mengisi energinya lagi. FYI, umumnya energi baterau motor listrik bisa terisi full lagi jika di-charge dalam waktu 6-8 jam. Sungguh memakan waktu. Makanya, biasanya orang-orang hanya menggunakan motor di lingkungan tempat tinggalnya saja. Jika dipakai untuk keluar kota, pasti takut kehabisan baterai. Repot banget, ya?

Alhamdulillah-nya para perusahaan motor listrik rupanya tau kelemahan ini, mereka tentu membuat solusi dengan membuat baterai motor listrik terbaik yang lebih tahan lama. Bahkan, ada yang menggunakan sistem swap / tukar baterai sama seperti di luar negeri. Solutif banget deh!

Baterai Motor Listrik Tahan Lama

Zaman sudah canggih, masalah sepele tentang daya baterai motor listrik tadi pasti segera teratasi. Jika dulu motor listrik hanya digunakan di lingkungan kompleks perumahan atau antar desa saja, saat ini kita sudah bisa merasakan perjalanan jauh hingga 80-100 km dengan menggunakan motor listrik. Hal itu dikarenakan motor listrik tersebut memiliki baterai lithium ion berkapasitas 5 kWh atau 5.000 Wh.

Model dan Varian Motor Listrik Sudah Beragam

Model yang keren dan memiliki varian warna yang ciamik membuat semua orang jatuh cinta kepada motor listrik, tak hanya pria, tapi juga wanita, mulai usia tua hingga muda. Motor listrik Indonesia umumnya ber-body ramping, dan mudah dimodifikasi. Untuk penggunaan sehari-hari, model motor listrik yang dipakai sama seperti motor matic. Sepintas jika dilihat dari luar, model fisik keduanya hampir tidak bisa dibedakan.

Beberapa brand alias merk motor listrik di Indonesia yang sudah dikenal secara umum adalah:

  • Motor listrik Viar
  • Motor listrik Selis
  • Motor listrik Gesit
  • Motor listrik ECGO
  • Motor listrik Yamaha
  • Motor listrik Honda
  • Motor listrik Swap & Smoot

Jika kamu ingin membeli salah satu motor listrik tersebut di atas, pastikan motor listrik tersebut memiliki kualitas terbaik. Tak hanya masalah tampilan yang menarik, tapi sistemnya juga harus canggih. Carilah merk motor yang sekiranya membuat kita puas setelah membeli, baik secara budget harga beli hingga terkait keawetan penggunaannya nanti. Hmm, kapan lagi nih memiliki motor tanpa harus mampir ke pom bensin lagi. Motor listrik ini dijamin dapat membawa pengalaman baru dalam berkendara.

Rangka Motor Listrik yang Kokoh

Ketangguhan motor listrik Indonesia juga tak kalah kuat dengan motor konvensional. Motor listrik juga dilengkapi dengan kerangka yang sangat kokoh dan onderdil terbaik. Rangka yang kokoh ini bisa memastikan bahwa berapapun berat badan kalian dan sejauh apapun kalian pergi, motor listrik tetap mumpuni dipakai secara aman.

Sistem Smart Monitor Motor Listrik

Sistem monitor merupakan kelebihan motor listrik yang mungkin baru pertama kamu tau. Sistem ini membantu kita mengetahui behaviour penggunaan motor listrik, mulai dari daya tempuh per hari, kecepatan, daya baterai motor listrik, bahkan kita bisa mengontrol alias mengunci motor listrik tersebut hanya dengan menggunakan aplikasi di handphone. Dengan kecanggihan inilah yang membuat orang semakin tertarik ingin memiliki motor listrik tersebut. Motor konvensional bisa kayak gini?

Harga Motor Listrik di Indonesia

Berapa harga motor listrik di Indonesia? Sama seperti motor konvensional, mulai Rp10 jutaan hingga Rp20 jutaan. Ini tergantung merk dan jenis motor listriknya. Harga ini termasuk harga baterainya yang perlu perawatan yang ekstra, tapi ke depannya motor listrik ini minim maintanance alias service berkala, lho. Jadi tidak seperti motor konvensional yang harus diservis dan diganti beberapa onderdilnya. Harganya sudah tidak jauh berbeda, ketangguhannya pun sama, tinggal pilihannya ada di kamu sendiri. Mau motor listrik atau motor konvensional?

Prediksi dan Dukungan Pemerintah akan Perkembangan Motor Listrik di Indonesia

Sama seperti judul yang kutulis di artikel ini, motor listrik kayak sebuah ketidakmungkinan yang sebentar lagi menjadi mungkin alias terealisasi. Motor listrik memang diprediski akan berkembang di Indonesia, tapi ini tidak akan ‘membunuh’ industri motor konvensional dan SPBU-SPBUnya.

Motor listrik adalah alternatif atau solusi dari permasalahan yang ditimbulkan dari pemakaian motor konvensional. Masalah orang ingin menggunakannya atau tidak, itu kembali kepada orang tersebut, kalau suka ya orang akan menggunakannya. Adapun salah satu satu concern yang membuat orang beralih adalah masalah polusi dan emisi yang dihasilkan dari motor konvensional, hingga maintanance motor konvensional yang kadang merogoh kocek yang cukup dalam.

Pemerintah sendiri optimis dalam mempercepat perkembangan industri motor listrik di Indonesia melalui penerbitan undang-undang, dukungan infrastruktur hingga subsidi yang diberikan. Pemerintah yakin, nantinya sepeda motor listrik bisa berkembang dan bersaing dengan motor listrik di negara-negara lainnya di dunia.

Mari sejenak kita bayangkan, sejak PSBB di Jakarta kemarin diberlakukan. Udara di Jakarta begitu berbeda, langit berwarna biru cerah, tak ada polusi, sungguh pemandangan yang sangat langka. Hal ini dikarenakan berkurangnya mobilitas kendaraan di kota Jakarta. Hal itu bisa saja terjadi, tanpa mengurangi mobilitas penduduknya, asalkan kendaraannya adalah motor listrik.

Mudah-mudahan motor listrik juga banyak diminati penduduk indonesia, meskipun harganya juga sama tapi pasti ada sistem kredit kayak motor biasa. Kalau boleh pinjam jaman sekarang, motor listrik itu sudah new normal lah di Indonesia. Bismillah ya…

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close