Jalan-JalanKuliner

Cara Membuat Kopi ala Cafe di Rumah Sendiri, Gampang Banget!

Kopi menjadi salah satu minuman yang sangat digemari di dunia, bahkan untuk beberapa orang minum kopi sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Meski banyak pendapat tentang kandungan dalam kopi yang berefek negatif bagi kesehatan, tapi kopi tetap digemari, hampir  80% -90% populasi orang dewasa di dunia.

Menjamurnya coffee shop pun turut membuat minuman kopi lebih populer, Racikan kopi yang dipadu dengan bahan-bahan lain seperti cokelat, susu, avocado, atau lainnya membuat minuman kopi jadi lebih nikmat tentunya. Resep-resep di setiap cafe tentu beda, tak heran jika kamu sudah punya cafe dan menu kopi favorit.

Kabar baiknya, kamu sebagai penikmat kopi bisa membuat kopi ala cafe sendiri di rumah. Walau kamu bukan barista profesional, bukan hal yang mustahil kok. Aku akan berikan beberapa cara membuat kopi ala cafe di artikel ini.

Ada beberapa cara membuat kopi agar lebih nikmat. Pertama yang harus kamu perhatikan adalah kualitas air, kualitas biji kopi, proporsi yang menentukan kadar kepekatan kopi, dan beberapa faktor lainnya. Serunya lagi, saat ini kamu bisa membeli alat-alat pembuat kopi manual dengan harga yang terjangkau.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat kopi ala cafe yang nikmat, yang bisa kamu coba sendiri di rumah:

Filter Method / Drip Method

Metode ini merupakan cara membuat kopi populer yang banyak digunakan karena terbilang sederhana dan efisien.

Cara membuat kopi ala cafe dengan metode ini sangat mudah. Kopi bubuk diletakkan pada kertas saring yang terdapat di atas bejana kopi. Kemudian air panas akan dituang di atasnya, kopi kemudian diseduh dengan memanaskan bejana tersebut dan kopi pun siap disajikan.

French Press

Kalau metode French Press ini pasti sering kamu temui di cafe. French Press atau Plunger/Cafetiere ini bisa mengekstrak banyak citra rasa yang terdapat dalam kopi bubuk. Kamu bisa membeli alat  French Press ini dengan harga yang terjangkau.

Cara menggunakannya juga terbilang simple, masukkan kopi bubuk secukupnya ke dalam Frensh Press, tuangkan air mendidih yang sebelumnya telah didiamkan selama 1 menit ke dalam French Press tersebut. Pastikan kamu menuangkan air mendidih dari teko ke dalam French Press dengan posisi yang agak tinggi dari  French Press itu sendiri karena ini bisa menghasilkan gelembung air yang akan membuat aroma kopi menjadi lebih nikmat.

Kemudian aduk rata, makin lama diaduk maka akan membuat aroma dan rasa kopi lebih menyatu. Langkah terakhir adalah dengan menekan kopi menggunakan tutup French Press secara perlahan. Tuangkan racikan tersebut ke dalam cangkir dan kopi pun siap dinikmati.

Turkish Coffee

Metode ini disebut juga dengan Arab Method. Sebenarnya metode ini merupakan asal-muasal cara pembuatan kopi yang pertama kali. Dengan menggunakan metode ini, kamu bisa menghasilkan kopi dengan rasa yang sangat pekat. Metode ini cocok buat kamu yang memang menyukai kopi dengan rasa yang kuat.

Pertama-tama untuk membuat kopi ini ada menggiling biji kpi secara manual dengan menggunakan lesung dan alu atau mesin penggiling kopi (kahve değirmeni). Bubuk kopi tersebut kemudian ditaruh di sebuah bejana (ibrik) dengan gula dan air. Campuran ini diasuk dan didisihkan hingga 3 kali. Kopi pun siap disajikan.

Espresso

Mesin Espresso ini bisa dibilang adalah salah satu mesin yang canggih untuk membuat kopi. Hampir semuanya bisa dijalankan secara otomatis, termasuk dalam pengaturan suhu. Namun tetap saja kopi yang dihasilkan nanti ditentukan dari pengalaman-pengalaman kamu sendiri dalam membuat kopi.

Cara membuat kopi ala cafe dengan mesin espresso terbilang agak rumit, terutama bagi kamu yang memang pertama kali menggunakannya. Pertama kali yang harus dilakukan adalah menghaluskan biji kopi, dengan menggunakan mesin Espresso ini, kamu bisa mengatur kehalusan kopi yang tepat sesuai selera kamu, yang jelas makin halus akan bisa menghasilkan rasa yang nikmat.

Taruh biji kopi yang sudah halus ke dalam Porta Filter, namun pastikan sudah di-flushing (bersihkan) dan dikeringkan terlebih dahulu. Usahakan agar permukaan kopi halus pada Porta Filter rata, dengan mengetuk Porta Filter atau cukup mengetuknya. Langkah terakhir adalah melakukan Ekstraksi Espresso, dengan memanfaatkan Variable Presseru kamu bsisa mengeluarkan flavor yang kamu inginkan.

Keempat metode tersebut hanyalah contoh cara membuat kopi ala cafe menggunakan mesin. Saat ini makin banyak referensi membuat kopi yang bisa kamu temukan di Youtube atau internet. Cara membuat kopi yang mana  nih, yang kamu sukai?

Tags

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close