Daily LifeLifestyle

Cara Agar Tetap Fit di Bulan Puasa

Bulan puasa tinggal hitungan hari, suasananya sudah mulai kita rasakan. Apakah kamu sudah mempersiapkan diri dalam menyambut bulan Ramadan ini? Selain bahan makanan dan kebutuhan pribadi lainnya, yang harus dipersiapkan tentunya adalah kondisi badanmu sendiri. Kamu harus menjaga diri agar tetap fit di bulan puasa.

Bulan puasa bukan berarti harus bermalas-malasan kan? Kamu harus tetap melakukan aktivitas seperti biasa, hanya saja memang intensitasnya saja yang dikurangi. Seperti apa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuhmu tetap fit selama bulan Ramadan? Berikut ini adalah tips untuk menjaga agar tubuh tetap fit yang kami ambil dari berbagai sumber:

Sahur Saat Mendekati Imsak

Dalam ajaran agama sudah dianjurkan agar mengakhirkan sahur mendekati waktu imsak. Selain menjalankan Sunnah, sahur mendekati waktu Imsak berguna untuk memperpendek waktu kekosongan perut. Untuk menu sahur, pilihlah makanan yang rendah lemak dan berprotein tinggi. Dengan makanan ini, maka kamu bisa merasa kenyang lebih lama dan bisa menjaga energi sepanjang waktu beraktivitas.

Berolahraga Saat Menjelang Buka Puasa

Puasa juga bukan menjadi alasan bagi kamu untuk tidak berolahraga. Mungkin kondisi tubuhmu saat puasa tidak sebugar seperti hari-hari biasa, tapi bukan berarti menjadi halangan untuk berolah raga. Lakukan olahraga saat sore hari menjelang berbuka puasa, gunanya untuk menghindari dehidrasi. Pilih olahraga yang ringan-ringan saja ya! Agar tetap fit dan tidak lemas saat berolahraga, disarankan untuk beristirahat yang cukup pada malam sebelumnya.

Perbanyak Minum Air Putih

Saat puasa, tentu tubuh kita sangat kekurangan air. Untuk menghindari dehidrasi, cukupi kebutuhan air minum setiap hari, setidaknya 2 liter di antara waktu berbuka hingga sahur. Dehidrasi bisa membuat tubuhmu menjadi lemas dan membuat aliran oksigen dalam tubuhmu tidak lancar. Kurangi konsumsi teh, kopi atau minuman bersoda. Hal ini untuk meminimalisir datangnya sakit kepala saat kamu sedang berpuasa.

Awali Berbuka dengan Makanan Manis atau Makanan Hangat

Saat berbuka puasa ada kecenderungan kita untuk minum-minuman yang segar dan dingin. Padahal sebenarnya minuman hangat mampu menetralisir asam lambung dan lebih bersahabat dengan lambung yang kosong selama seharian. Makanan manis bisa lebih cepat diserap oleh tubuh dan bisa memulihkan energi setelah berpuasa.

Hindari Tidur Setelah Sahur

Langsung tidur setelah sahur tidak dianjurkan karena bisa mengganggu proses metabolisme. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan yang baru saja masuk. Kalau kamu langsung tidur maka yang terjadi adalah makanan yang seharusnya disimpan dalam lambung akan berbalik arah menuju kerongkongan. Jika ini terjadi, maka bisa membawa asam lambung ikut naik ke atas, kerongkongan terasa kering dan panas. Bisa jadi kamu akan muntah dan merasa mual.

Sebaiknya kamu memberi waktu 1-2 jam setelah makan sahur. Isi waktu dengan kegiatan beribadah, seperti mengaji atau membaca buku-buku yang bermanfaat.

Mudah kan? Selamat menyambut bulan Ramadan. Marhaban yaaa Ramadan.

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close