Daily LifeNostalgia

Hal-Hal yang Mungkin Pernah Anda Alami Sewaktu Menjadi Anak Kuliahan dan Anak Kost

Menjadi anak kuliahan sekaligus anak kost mungkin pernah Anda alami beberapa tahun ke belakang. Biasanya anak kuliahan memutuskan untuk ngekost karena tempat kuliah yang jauh dari tempat tinggalnya. Selama masa tersebut Anda pasti mendapatkan pengalaman-pengalaman baru untuk pertama kalinya dlam hidup Anda, di mana dalam waktu singkat Anda diharuskan beradaptasi dengan lingkungan yang keadaannya sangat berbeda dengan kehidupan Anda sebelumnya.

Biasanya saat lapar, Anda tinggal pergi ke dapur dan mengambil makanan sesuka Anda. Tetapi saat Anda kost Anda harus memasak terlebih dahulu atau pergi ke warung untuk membeli makanan. Selain hal yang sesederhana itu, masih ada hal-hal lain yang identik dengan anak kost dan kuliahan yang seru jika diingat. Mari sejenak kita flashback ke beberapa tahun lalu, mengingat kehidupan semasa menjadi anak kuliahan  yang ngekost di perantauan.

Anda akan Mengalami Homesick dan Kesepian

Rindu kampung halaman, rindu rumah dan segala yang ada dalamnya adalah makanan sehari-hari bagi anak kost. Selama hidup di tempat kost, Anda pasti pernah mengalami masa-masa adaptasi yang cukup sulit. Anda yang belum kenal teman-teman sesama kost pasti akan mengalami kesepian yang mendalam. Kalau hal ini sudah terjadi, Anda pasti menelepon orang tua, tapi ini justru membuat Anda makin rindu rumah dan menangis.

Rasa kesepian ini juga akan timbul ketika Anda sakit. Biasanya orang tua lah yang selalu standby saat Anda terbaring sakit, tapi jika Anda sedang berada di tempat kost, siapa yang selalu siaga menemani Anda?

Makan Pagi Sekaligus Makan Siang

Maksud dari poin adalah melakukan sarapan pagi dan makan siang dalam satu waktu yang bersamaan. Biasanya dilakukan menjelang siang hari. Ini biasanya kebiasaan yang kurang baik, namun umumnya dilakukan karena bentuk keterpaksaan karena berbagai hal, misalnya tidak sempat sarapan pagi karena dikejar waktu, tidak sempat memasak sarapan pagi, hingga alasan klasik untuk menghemat uang.

Padahal sebenarnya saat ini banyak lho bahan makanan yang bisa Anda jadikan sebagai sarapan, seperti oatmeal, sandwich, roti disertai selai ovamaltine dan jenis makanan lainnya.

Anda akan Tau Bagaimana Susahnya Mengatur Waktu Antara Kerja dan Kuliah

Mengambil sidejob atau kerjaan sampingan saat kuliah adalah sebuah pilihan. Tidak semua anak kuliahan berani mengambil pilihan ini. Keputusan mengambil pekerjaan sampingan tentu saja dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan selama hidup ngekost dan kuliah. Anda tidak bisa sepenuhnya mengandalkan kiriman orang tua yang pas-pasan, sementara kebutuhan yang harus dipenuhi sangatlah banyak.

Pada masa-masa tersebut, Anda mengalami bagaimana susahnya mengatur waktu, pagi harus datang ke kamus untuk kuliah, setelah itu harus ke tempat kerja dengan tepat waktu dan kondisi yang tetap fit, setelah pulang kerja Anda harus mengerjakan tugas kuliah yang begitu banyak.

Anda akan belajar bagaimana bekerja keras, jerih payah yang Anda lakukan selama ini akan terbayar dengan gaya hidup yang Anda jalani yang membuat Anda menjadi pribadi tangguh dan pantang menyerah. Mental seperti inilah yang dibutuhkan saat Anda bekerja nanti.

Sahabat Anda Saat Ini Mungkin Anda Kenal Sejak Kuliah

Sahabat-sahabat Anda saat ini mungkin salah satunya Anda kenal sejak kuliah. Kamu dan dia menjadi sahabat mungkin karena punya latar belakang yang sama, sama-sama sebagai anak perantauan yang ngekost atau berkuliah di tempat yang sama. Dulunya sahabatmu adalah orang yang pertama kali menolongmu, orang yang pertama ada di saat kamu membutuhkan, tempat kamu berbagi suka dan duka. Percayalah bahwa persahabatanmu ini akan terjalin selamanya.

Belajar Kemandirian dan Mengatasi Permasalahan Sendiri

Hidup jauh dari rumah membuatmu belajar hidup mandiri. Saat di rumah Anda terbiasa dengan urusan yang dibantu dengan asisten rumah tangga, kini Anda harus menyelesaikannya sendiri. Mulai dari mencuci baju, menyeterika, membersihkan kamar, berbelanja hingga memasak. Begitupun ketika ada permasalahan, Anda yang biasa bercerita kepada saudara atau orang tua, pasti akan berusaha mengatasi permasalahan sendiri. Anda tentunya tak ingin membuat keluargamu di rumah dengan tidak menceritakan masalah Anda.

Masih banyak lagi hal-hal yang seru selama menjadi anak kuliahan yang ngekost di perantauan. Tentu pengalaman-pengalaman ini tidak akan Anda lupakan seumur hidup. Jika Anda punya pengalaman seru, boleh dishare pada komentar di bawah ini.

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close