Daily LifeLifestyle

Hal-Hal Kecil yang Bisa Kita Perbuat untuk Hemat Listrik

Kamu kudu tau bahwa ada hal-hal kecil sederhana yang bisa buat hemat listrik. Dengan menghemat listrik, berarti kamu telah peduli dengan bumi yang sedang mengalami gejala krisis energi dan bahan bakar. Aku akan ngebahas cara hemat listrik yang bisa kamu mulai dengan cara sederhana.

Ada sekitar 90% pembangkit listrik yang bersumber dari bahan bakar minyak dan batu bara, sementara sekarang harga minyak dunia tersebut makin melambung. Karena itulah alasan kenapa kita perlu menghemat listrik. Adapun, hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat listrik adalah sebagai berikut:

Tidak Men-charge Handphone Secara Berlebihan

Secara tidak kamu sadari, kamu sering membiarkan handphone kamu tetap terpasang pada charger yang terhubung listrik (walaupun sudah penuh). Lebih parahnya kamu tetap membiarkan kepala charger tetap terpasang pada listrik walaupun sedang tidak digunakan. Mulai sekarang, hindarilah hal ini, lepaskan charger jika sudah tidak digunakan. Charger berisi kumparan-kumparan, selama tetap terpasang, maka terus memutar listrik di situ, sehingga listrik akan terbuang sia-sia. Charger akan tetap menggunakan 30% dari normal daya listriknya saat tetap terpasang.

Hindari Lepas Pasang Setrika

Cara hemat listrik selanjutnya adalah menghindari lepas pasang colokan setrika. Sebuah setrika mempunyai daya listrik yang besar. Hindari melepas dan memasang setrika secara berulang-ulang. Sebaiknya saat kamu hendak menyetrika, lakukan sekaligus untuk semua pakaian kamu, jangan dicicil!

Perhatikan Saat Menurukan Suhu pada AC

Apakah kamu tau bahwa setiap kali menurunkan suhu pada AC maka ada tambahan penggunaan daya listrik sebesar 6%. Sebaiknya, stabilkan pada suhu 24 atau 25 derajat celcius terlebih dahulu. Berikan beberapa menit agar suhu udara bisa menyebar, kemudian turunkan secara bertahap.

Gunakan Lampu yang Hemat Listrik dan Perhatikan Penggunaan

Gunakan lampu yang hemat energi. Umumnya lampu neon bersifat lebih menghemat listrik daripada lampu bohlam. Nyalakan lampu saat diperlukan saja, matikan penerangan jika tidak diperlukan. Kamu bisa juga mengganti bola lampu pijar biasa dengan lampu CFL atau lampu LED. Lampu CFL (Compact Fluorescent Light) dan lampu LED bisa menghemat listrik lebih besar dan tahan lebih lama.

Matikan Televisi secara Sempurna

Saat mematikan televisi sebaiknya jangan dari remote ya, posisi televisi yang standby seperti itu masih akan memakan daya listrik. Cara yang benar adalah mematikan langsung tekan tombol off dari televisi dan mencabut kabelnya.

Sekarang kamu sudah tahu bahwa hal-hal di atas bisa menghemat listrik. Mulai sekarang, terapkan cara hemat listrik di atas, sayangi bumi kita dengan menghemat listrik.

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close