Daily LifeTips & Cara

Hal-Hal yang Bisa Bikin Anda Lebih Bahagia dan Bersyukur Menjalani Hidup dengan Gaji Anda

Kunci bahagia adalah bersyukur. Dua hal ini memang saling berkaitan erat. Inti dari kebahagiaan memang harus selalu bersyukur dalam menjalani hidup. Banyak petuah-petuah bijak yang mengatakan bahwa bagaimanapun keadaan kita harus selalu bersyukur. Termasuk bersyukur dengan berapa gaji yang kita terima. Berapapun gaji kita ternyata bisa membuat kita bahagia.

Mungkin kita pernah mengeluh dan iri kepada teman kita yang gajinya lebih besar, kerjanya di perusahaan besar, gadget yang dimiliki lebih canggih dari yang kita punya. Sikap iri hati yang demikian seringkali membuat kita lupa bersyukur dan lupa bahwa sebenarnya di luar sana ada orang yang keadaannya lebih buruk dari kita.

Seperti yang dibilang pada awal paragraph, berapapun gaji bisa kok membuat kita bahagia. Kuncinya adalah bagaimana kita bijak dalam menggunakan gaji yang kita dapatkan. Bijak dalam hal ini adalah pandai dalam mengatur keuangan, tipsnya adalah sebagai berikut:

Alokasikan Gaji Anda untuk Kebutuhan Rutin Anda Sehari-Hari

Tentu Anda sudah tahu kebutuhan rutin apa saja, misalkan untuk makan & minum, komunikasi, transportasi, perawatan diri dan kebutuhan rutin lainnya. Sisihkan juga untuk kebutuhan musibah jika Anda jatuh sakit. Paling tidak, dengan sudah adanya alokasi budget seperti ini, Anda nantinya tidak akan merepotkan orang lain dengan berhutang karena masalah kekurangan uang. Jika tidak ada tagihan-tagihan hutang, Anda akan lebih bahagia kan?

Dahulukan Tagihan-Tagihan Terlebih Dahulu

Dahulukan tagihan-tagihan yang harus Anda bayar, seperti tagihan listrik, air, telepon, internet, uang kontrakan atau sewa kost dan tagihan tanggungan Anda lainnya termasuk kartu kredit. Jangan pernah Anda menunggak pembayaran ini ya. Sekali kamu menunda pembayaran, maka membuatmu makin terbiasa untuk menunggak lagi dan menunggak lagi.

Alokasikan Gaji untuk Menabung

Biasanya Anda menabung dari sisa-sisa gaji Anda selama sebulan, atau Anda ada tambahan penghasilan lain dari bonus dan usaha sampingan Anda. Sekarang usahakan pada awal bukan Anda sudah mengalokasikan atau membudget uang senilai sekian rupiah untuk menabung. Jika tidak Anda plan seperti ini, pasti uang yang Anda tabung akan sedikit. Anda cenderung lebih mementingkan untuk kebutuhan Anda yang lain daripada menabung.

Berbagi Kebahagiaan dengan Orang Tua dan Keluarga Anda

Sudah sepantasnya Anda berbagi kebahagiaan dengan orang lain terutama kepada orang-orang terdekat Anda. Jika Anda berani mentraktir teman atau membelanjakan pacar Anda, tentu terlebih dahulu Anda seharusnya memberi uang kepada orang tua Anda bukan? Ya, dengan memberikan sedikit gaji kita kepada orang tua, pasti akan lebih berkah dan rejeki Anda akan berlipat ganda.

Sisihkan untuk Kebutuhan Anda untuk Refreshing

Setelah mengalokasikan gaji untuk kebutuhan-kebutuhan di atas, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah membahagiakan diri dengan refreshing. Sisihkan gaji Anda untuk kebutuhan nongkrong dengan teman-teman Anda, nonton di bioskop, jalan-jalan, atau kegiatan yang membuat pikiran Anda bisa lebih fresh. Tapi ingat, bersenang-senang tidak harus boros lho! Anda harus pandai dalam mengatur untuk kebutuhan ini.

Jangan Sungkan untuk Belanja Barang Diskonan

Siapa sih yang tidak suka dengan barang diskonan? Pasti semua suka barang diskonan. Anda sah-sah saja membeli barang diskonan, namun yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas dari barang itu sendiri. Anda harus tahu kenapa barang tersebut didiskon, apa karena dalam masa promosi atau didiskon karena barang tersebut kurang diminati masyarakat.

Jangan Mudah Terpancing dan Lapar Mata

Jangan mudah terpancing dengan barang-barang yang dipajang di mall, atau tawaran-tawaran dari teman Anda. Utamakan membeli barang-barang yang benar-benar Anda perlukan. Jangan sampai Anda membeli barang yang useless.

Nah, jika kita bisa memanfaatkan dengan benar gaji kita dalam sebulan, maka kita tidak akan lagi mengeluh kekurangan. Kita akan lebih mudah bersyukur dengan segala apa yang kita capai. Jangan lupa, ajak orang-orang di sekitar Anda juga turut berbahagia dengan menyebarkan virus-virus untuk selalu bersyukur. Jangan lupa bahagia, ya!

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close