Tips & Cara

Mau Bertemu dengan Calon Mertua untuk Pertama Kali? Ini Dia Tipsnya

Lama tidaknya Anda berpacaran belum tentu berpengaruh dengan berakhirnya hubungan di pelaminan. Meskipun Anda baru berpacaran dalam hitungan bulan, bisa saja akan berlanjut ke pernikahan. Semuanya ditentukan dari keseriusan Anda berdua menjalani hubungan tersebut.

Salah satu bentuk keseriusan kekasih yang bisa Anda lihat bisa Anda ketahui saat di mana Anda diperkenalkan dengan orang tuanya, atau notabene calon mertua Anda. Di sisi lain, Anda pasti sangat senang dengan hal tersebut, tapi pasti Anda akan mengalami rasa grogi karena akan bertemu calon mertua nanti.

Mau pakai baju apa ya? Mau dandan yang bagaimana ya? Mau ngomong apa saja ya nanti? Saya harus bersikap bagaimana ya nanti? Pikiran-pikiran semacam ini pasti ada ala benak Anda. Wajar jika Anda ingin memberikan kesan yang baik untuk pertama kalinya saat bertemu dengan orang tua nantinya. Anda tidak perlu bingung, berikut ini adalah tips-tips untuk Anda yang mau menemui calon mertua untuk yang pertama kalinya.

Tak perlu jaim dan menyembunyikan sifat asli Anda, bersikaplah natural

Bersikaplah apa adanya seperti sikap Anda sehari-hari. Namun tetap menjaga sopan santun sebagaimana seharusnya Anda bersikap kepada orang yang lebih tua. Sebaiknya Anda juga bersikap jujur terhadap orang tua saat ditanya segala hal tentang diri Anda, misalnya tentang pekerjaan, latar belakang pendidikan atau keluarga Anda.

Berpakaian sopan dan elegan, jangan terlalu glamour dan norak

Pakaian yang Anda kenakan mencerminkan karakter Anda. Sebaiknya Anda berpakaian rapi dan sopan. Tidak perlu menonjolkan sisi trendy, yang penting Anda berpakaian santun. Jadi, untuk pria, Anda sebaiknya jangan memakai kaos dan celana jeans belel. Sementara untuk wanita, jangan memakai tank to dan rok mini ya! Sebagai referensi, Anda bisa melihat gaya busana terbaru dari majalah atau internet, kemudian sesuaikan dengan pribadi Anda.

Cari tahu karakter calon mertua melalui pacar Anda

Sebelum bertemu dengan calon mertua, Anda bisa mencari tahu karakter dan kepribadian calon mertua lewat pacar Anda. Kenali mereka, cari tau apa kesukaan mereka. Dengan ini juga Anda akan lebih mudah mencari topik pembicaraan nanti. Dengan ini pula, Anda akan lebih mudah mencuri hati calon mertua Anda, bukan?

Jadikan diri sebagai pendengar yang baik

Pada umumnya, orang tua suka sekali bercerita. Anda harus bersiap jika pada pertemuan nanti, justru calon mertua lah yang mendominasi pembicaraan, menceritakan berbagai hal. Anda cukup menjadi pendengar yang baik. Pastikan Anda terlihat antusias mendengar topik pembicaraan tersebut, sesekali bertanyalah tentang topik pembicaraan tersebut untuk menujukkan ketertarikan Anda.

Membawa bingkisan, seperti makanan favorit keluarga

Belikan makanan kesukaan calon mertua atau yang menjadi favorit kelurga pacar Anda. Kamu bisa memberikan martabak manis atau oleh-oleh khas daerah asal Anda. Jika Anda kesulitan dengan yang satu ini, Anda bisa mendiskusikan dengan pacar Anda. Yang penting adalah tidak salah sasaran, jangan sampai jika calon mertua menderita penyakit diabetes, lantas Anda memberikan makanan yang mengandung gula yang tinggi.

Kunci terpenting dari semua tips di atas adalah kejujuran yang natural, alias jadilah diri sendiri. Sikap dan sifat asli manusia pasti akan ketahuan seiring dengan berjalannya waktu. Anda tidak harus berpura-pura jadi orang lain dan meninggikan derajat Anda agar terlihat baik di mata calon mertua Anda. Nah, jika Anda punya pengalaman seru saat bertemu dengan calon mertua untuk pertama kalinya, silakan diceritakan pada kolom komentar di bawah ini ya!

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close