KesehatanLifestyle

Penting! Pengetahuan Seks Sejak Dini

Kamu inget nggak, saat di sekolah dulu mungkin kamu pernah dapat tugas bikin makalah tentang pentingnya pendidikan seks sejak dini. Aku juga dulu pernah kok, tapi karena waktu itu aksesnya nggak segampang sekarang yang serba digital, ditambah pemahaman yang nggak sama tentang hal ini di lingkungan sekitar, jadi isu-isu ini hanya sekedar tugas sekolah, dan selesai ketika tugas tersebut disetor ke guru.

Aku menulis tentang topik Kesehatan: Pentingnya Pendidikan Seks Sejak Dini ini berangkat dari acara BukaTalks yang aku hadiri waktu itu. Pembicaranya keren, namanya Inez Kristanti (Clinical Psychologist AngsaMerah Institution). Beliau masih muda, jadi mungkin related dan lebih tau tentang isu-isu tentang seks yang berkembang di kalangan remaja saat ini.

Menurut Mbak Inez, bicara seks bukanlah ngomongin cara berhubungan badan, tak sekedar ngomongin selangkangan. Inilah yang sering dikait-kaitkan kalau bicara tentang seks. Sehingga masyarakat takut ngomongin seks, karena dianggap sesuatu yang tabu,

Ironisnya ketidaktauan ini yang menyebabkan kurangnya informasi yang memicu peningkatan jumlah penyakit seks menular. Pada tahun 2016 ada lebih dari 620.000 kasus HIV AIDS di Indonesia, dan bertambah 48.000 kasus setiap tahunnya. Pada tahun 2006, kanker serviks adalah kanker paling banyak diderita oleh perempuan di Indonesia. Untuk kasus kehamilan di luar yang direncanakan, ada sekitar 2,3 juta kasus setiap tahunnya.

Padahal kalau ngomongin seks itu bisa lebih luas ke arah yang lebih positif dan sehat, seperti: anatomi tubuh, gender, citra tubuh, cinta dan kasih sayang. Buat kamu yang penasaran gimana lengkapnya, langsung saja tonton videonya sekarang berikut ini:

Di Ujung Langit

Sharing is caring. Menulis tentang segala hal yang ada dalam pikiran, Semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang. Untuk mengetahui banyak hal tentang saya, silakan klik icon sosial media di bawah ini

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close